Tips dan Manfaat Olahraga Lari Saat Hujan Agar Tetap Sehat

Melakukan trek ketika hujan sebenarnya sangat menyenangkan, bahkan ada manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan menjalankan dalam hujan. Selama itu dilakukan dengan benar dan konsisten, berjalan bahkan dalam hujan masih memiliki manfaat. Berikut ulasannya:

Manfaat berjalan dalam hujan

Jika Anda ragu-ragu untuk membuat lagu bahkan jika hujan, ada fakta penelitian dari International Journal of Sports Medicine yang menguji tujuh orang untuk berjalan di cuaca dingin (ketika situasi hujan) dan selama situasi cerah selama 30 menit.

Hasilnya, mengejutkan mereka lakukan berjalan dalam hujan untuk merasa bahwa tubuhnya fit dan membakar lebih banyak kalori daripada orang-orang yang berolahraga dalam cuaca normal.

Tips dan Manfaat Olahraga Lari Saat Hujan Agar Tetap Sehat
Tips dan Manfaat Olahraga Lari Saat Hujan Agar Tetap Sehat

Ketika berolahraga berjalan dalam kondisi cuaca hujan kinerja tubuh Anda tidak optimal, tetapi jika Anda melakukannya, membakar kalori dalam tubuh akan semakin banyak. Selain itu, berjalan dalam hujan juga bisa menghemat energi.

Tips olahraga saat hujan

1. Perhatikan tingkat curah hujan

Jika Anda memang niat untuk melaksanakan berjalan dalam hujan, hal yang harus dipertimbangkan adalah tingkat curah hujan. Pastikan tingkat curah hujan dalam batas normal, apalagi Anda hanya gerimis, Anda diperbolehkan untuk berolahraga lari. Namun, ketika curah hujan seperti badai, Anda harus menunggu hujan reda.

2. Gunakan perlengkapan anti hujan

Menggunakan peralatan anti olahraga air dapat menjadi pilihan yang tepat sehingga tubuh Anda tetap kering dan gerakan Anda terjaga dengan baik. Parasut jaket tahan air dan tahan angin akan tetap hangat tubuh Anda saat berolahraga dengan hujan dan kondisi dingin. Juga menggunakan sepatu tahan air dan kaus kaki dengan serat (jahitan) pertemuan. Hal ini sangat penting karena kaki basah lebih rentan terhadap lecet dan luka-luka.

3. Kenakan baju atau pakaian olahraga yang berwarna

Saat hujan kondisi cuaca mungkin akan sedikit lebih gelap. Oleh karena itu, menggunakan pakaian atau pakaian dari run berwarna cerah akan membuat orang di sekitar untuk menyadari bahwa Anda melakukan latihan. Ini akan menghindari Anda dari kecelakaan saat kendaraan lewat, ketika Anda menjalankan pinggir jalan. Jika perlu, gunakan headlamp untuk memiliki pandangan yang jelas.

4. Hindari jalan raya

kondisi cuaca hujan akan membuat kamp juga membatasi visibilitas. Ini membantu Anda untuk melakukan aktivitas olahraga lari di sekitar perumahan, atau jogging track yang sudah tersedia di sekitar taman. Menghindari jalan raya, karena akan berisiko.

5. Mandi air hangat

Sehingga negara masih sangat baik setelah latihan, mandi dengan air hangat. Melalui air hangat, sirkulasi dan aliran darah akan lancar. Sendi, tendon, jaringan, dan otot tubuh Anda akan lebih rilaks setelah dibilas dengan air hangat.