Manfaat Leci Untuk Kesehatan

Leci telah lama dikenal sebagai buah yang sangat cocok dipadukan dalam berbagai makanan ringan manis. Berbentuk seperti buah rambutan, manisnya leci dapat menambah rasa lezat untuk minuman, puding, dan kue.

Tidak hanya dikenal karena kemanisannya yang kuat, ternyata buah tropis ini juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah kandungan serat makanan dalam leci yang berfungsi mengurangi berat badan berlebih.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapat dengan mengonsumsi leci secara rutin. Apa pun berikut ini ringkasan tujuh manfaat kesehatan di balik buah leci manis dan segar.

Manfaat Leci Untuk Kesehatan
Manfaat Leci Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Vitamin C yang tinggi di dalamnya, leci dapat digunakan untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah sakit. Dengan mengonsumsinya secara teratur, vitamin C akan merangsang aktivitas sel darah putih untuk membentengi tubuh dari racun berbahaya.

2. Meningkatkan pencernaan

Selain kandungan gulanya yang tinggi, leci juga kaya akan kandungan serat makanan yang akan memudahkan pencernaan. Serat makanan akan mengontrol pergerakan usus untuk lebih aktif mencerna makanan dan mengurangi risiko sembelit. Dengan proses pencernaan yang lancar, proses penyerapan nutrisi oleh lambung dan usus akan bekerja lebih optimal.

3. Menangkal virus

Selain kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kandungan proanthocyanidins dalam leci akan bertindak sebagai antivirus dalam tubuh. Dikombinasikan dengan lycheetannin A2, konsumsi leci secara teratur akan mencegah serangan virus dan mencegah penyebarannya.

4. Kontrol tekanan darah

Memiliki masalah dengan tekanan darah tinggi? Konsumsi leci dapat menjadi salah satu solusi tepat. Di dalam leci, mengandung kalium yang akan mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Asupan kalium yang cukup juga akan mengurangi risiko penyempitan pembuluh darah sehingga masalah jantung bisa dihindari.

5. Kulit sehat

Tahukah Anda bahwa ternyata konsumsi leci dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini dan memudarnya bekas jerawat. Ini karena dalam buah manis ini mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan akan mengurangi kerusakan sel-sel tubuh, termasuk kulit wajah sehingga selalu sehat dan lembab.

6. Tulang yang sehat

Konsumsi leci juga dapat meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Di dalam leci ada beberapa mineral seperti magnesius, fosfor, besi, dan mangan yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang. Dengan begitu, risiko osteoporosis di usia tua bisa dihindari.

7. Antiinflamasi

Flavanol antioksidan dalam leci dapat digunakan sebagai obat antiinflamasi alami yang aman bagi tubuh. Selain sebagai anti-inflamasi, asupan flavanol yang cukup akan mempercepat penggantian sel dan jaringan yang telah rusak oleh peradangan atau radikal bebas.