Manfaat Kesehatan Di Balik Bawang Merah

Siapa yang tidak tahu bumbu masakan yang satu ini? Tentunya Anda sering menemukannya di berbagai hidangan, mulai dari tumis, sup, hingga dijadikan taburan di bakso hangat.

Ya, bawang merah telah lama dikenal sebagai penambah rasa di berbagai hidangan. Aroma dan rasanya yang gurih membuat aneka hidangan lebih menyenangkan.

Tidak hanya itu, di balik rasanya yang gurih, ternyata bawang juga mengandung segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan anti bakteri sering digunakan sebagai obat luka alami.

Manfaat Kesehatan Di Balik Bawang Merah
Manfaat Kesehatan Di Balik Bawang Merah

Nah ini dia kita telah merangkum tujuh manfaat yang akan diperoleh saat mengonsumsi bawang merah secara teratur.

1. Obat kanker

Dilaporkan oleh Boldsky, konsumsi bawang merah mentah secara teratur diyakini dapat membantu mempercepat pengobatan pada pasien kanker payudara dan kanker usus besar. Karena dalam bawang merah ada senyawa yang disebut quercetin dan anthocyanin dalam kadar tinggi yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Di balik aromanya yang menyengat, konsumsi bawang juga bisa meningkatkan kesehatan jantung, lho. Bawang merah segar mengandung antioksidan yang disebut flavonoid yang memiliki peran penting untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, bawang juga mengandung tiosulfinat dan organosulfur yang dapat mengurangi risiko pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung.

3. Meningkatkan pencernaan

Tidak berbeda dengan jenis sayuran lainnya, bawang merah juga mengandung serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Serat dalam bawang merah bertindak sebagai sumber makanan bagi bakteri baik di usus.

Dengan kehadiran bakteri baik di usus, tubuh akan lebih kebal terhadap serangan bakteri jahat yang menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare, radang usus, dan kanker.

4. Obat asma

Bawang merah mengandung senyawa antiinflamasi yang berperan penting dalam mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, salah satunya adalah asma. Dengan konsumsi bawang merah mentah secara teratur, senyawa antiinflamasi di dalamnya akan membantu mengganggu pernapasan.

5. Sembuhkan gangguan tidur

Gangguan tidur atau susah tidur sering membuat kegiatan sehari-hari terganggu. Tetapi tidak perlu khawatir, konsumsi bawang merah secara teratur justru dapat meningkatkan kualitas tidur.

Di dalam bawang mengandung probiotik yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang tidak teratur. Probiotik ini akan memengaruhi saraf yang mengendalikan pola tidur manusia agar lebih berkualitas. Tidak hanya itu, konsumsi bawang juga bisa mengendurkan saraf tegang sehingga perasaan stres akan hilang.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Tidak hanya wortel, ternyata kandungan belerang dalam bawang merah dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan mata. Belerang dalam bawang merah akan merangsang produksi protein glutathione yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan ini akan menjaga kesehatan mata dan menangkal serangan sel jahat yang datang.

7. Meningkatkan imunitas

Kandungan selenium dalam bawang merah dapat digunakan untuk meningkatkan imunitas dan merangsang fungsi organ vital agar bekerja lebih optimal. Tidak hanya itu, sifat anti bakteri yang ada juga dapat membantu membentengi tubuh dari virus dan bakteri penyebab infeksi.