5 Makanan Untuk Memudarkan Kantung Mata

Bagi sebagian orang, penampilan kantung mata bisa merepotkan. Sebab, kantung mata tentu membuat penampilan kita terlihat lelah dan kurang segar.

Kantung mata, atau yang biasa disebut panda, ditandai dengan munculnya bayangan hitam di bagian bawah mata. Masalah ini umumnya timbul karena kurang tidur. Tetapi bisa juga muncul karena stres.

Nah, mata panda bisa dihilangkan dengan mengonsumsi makanan, lho. Seperti mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Berikut adalah tujuh makanan yang bisa memudar kantong mata:

5 Makanan Untuk Memudarkan Kantung Mata
5 Makanan Untuk Memudarkan Kantung Mata

1. Mentimun

Mentimun dapat menjaga kulit wajah yang sehat, termasuk bayangan gelap yang memudar di bawah mata. Dari jurnal yang diterbitkan di PubMed pada 2010, mentimun kaya akan antioksidan vitamin C yang dapat melindungi kulit dari racun yang menyebabkan kulit kusam.

Kandungan air yang tinggi juga dapat mengembalikan kelembaban kulit. Ditambah dengan kehadiran vitamin A, E, dan K, konsumsi mentimun secara teratur akan memperlancar aliran darah ke kulit wajah sehingga kantung mata bisa memudar perlahan.

2. Semangka

Sama seperti mentimun, semangka juga tinggi kadar airnya yang akan membuat kulit lebih sehat dan terhidrasi.

Selain itu, semangka juga kaya akan beta karoten, likopen, serat, magnesium, dan kalium yang baik untuk kesehatan mata dan kulit. Dapat juga membantu memudarkan kantung mata dan flek hitam pada kulit wajah.

3. Tomat

Dalam tomat, buah ini mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan untuk meningkatkan aliran darah di pembuluh halus di bawah mata.

Jurnal tersebut, berjudul Produk yang kaya akan Lycopene dan Perlindungan Diet pada 2006, juga menyarankan bahwa tomat kaya akan likopen, yang berfungsi untuk meratakan warna kulit. Konsumsi tomat secara teratur bahkan bisa membuat kulit dan bibir Anda lebih memerah, lho.

4. Wijen

Konsumsi wijen yang kaya vitamin E dan B secara teratur ternyata efektif memudar kantong hitam di bawah mata. Kandungan antioksidan dan antibakteri ini nantinya akan berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga nutrisi dapat diserap dengan sempurna.

Selain memudar kantong mata, wijen juga bisa membuat kulit lebih kenyal.

5. Strawberry

Stroberi adalah makanan yang cocok untuk dimakan untuk menghilangkan kantung mata. Selain kandungan airnya mencapai 90 persen, data dari Departemen Pertanian AS menyatakan bahwa buah merah ini juga kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit.

Vitamin C adalah antioksidan yang akan melindungi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. Ini juga membantu meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah tetap sehat dan lembab.