Ini Dia Manfaat Kesehatan Dibalik Belimbing

Buah belimbing adalah salah satu buah tropis yang ditemukan di Indonesia. Memiliki rasa asam yang menyegarkan, buah berbentuk bintang dengan kuning pucat ini mengandung banyak kandungan air.

Rasa asam ini sering digunakan oleh orang untuk mengolah buah belimbing menjadi minuman segar atau makanan penutup. Bahkan, beberapa jenis belimbing dapat digunakan sebagai bumbu masakan.

Selain lezat, ternyata belimbing juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah meningkatkan kekebalan tubuh untuk menurunkan berat badan, mengingat belimbing kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Ini Dia Manfaat Kesehatan Dibalik Belimbing
Ini Dia Manfaat Kesehatan Dibalik Belimbing

Lalu, apa manfaat lain yang bisa didapat dari belimbing? Inilah ulasannya:

1. Mencegah peradangan kulit

Selain segar, belimbing juga kaya akan sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi risiko gangguan kulit seperti dermatitis atau radang kulit, yang ditandai dengan gatal-gatal pada ruam kemerahan. Selain itu, banyak buah-buahan berair juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang akan membantu mempercepat proses detoksifikasi dengan menghilangkan racun dalam tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Di balik rasa asam dan manisnya yang menyegarkan, belimbing juga mengandung banyak natrium dan kalium yang baik untuk kesehatan jantung. Kandungan mineral dalam bentuk kalium dan natrium berfungsi sebagai elektrolit, yang dapat membantu mengendalikan detak jantung agar tetap stabil dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Belimbing wuluh juga mengandung serat tinggi yang bisa dijadikan alternatif makanan penurun berat badan. Serat akan mempercepat proses metabolisme dalam tubuh, sehingga program diet akan lebih efektif. Selain itu, serat juga membuat kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil bisa lebih terkontrol.

4. Kontrol tekanan darah

Tinggi kalsium, belimbing bermanfaat untuk memperkuat tulang dan mengurangi risiko masalah jantung seperti serangan jantung dan stroke, dengan melemaskan saraf dan arteri yang tegang. Dengan begitu, detak jantung menjadi lebih rileks dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

5. Kontrol insulin

Meskipun memiliki rasa asam dan sedikit manis dan segar, belimbing ternyata aman dikonsumsi oleh penderita diabetes dan penderita gula darah tinggi. Dalam belimbing mengandung serat yang tidak larut yang dapat mencegah pelepasan glukosa dalam makanan. Selain itu, serat dapat membantu mengendalikan kadar insulin agar tetap stabil sehingga tetap aman bahkan jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.