Seputar Kesehatan

Berita Dan Tips Terlengkap Seputar Kesehatan
Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Manfaat Melon Untuk Kesehatan

Melon selalu menjadi salah satu jenis buah yang disukai banyak orang. Dengan teksturnya yang renyah, tidak jarang melon sering diolah menjadi sejumlah hidangan lezat dan menyegarkan, mulai dari sup buah, jus buah hingga belerang.

Tidak hanya segar, buah hijau pucat ini juga memiliki serangkaian vitamin yang sangat penting bagi kesehatan. Jadi, apa manfaat kesehatan yang dimiliki melon? Inilah ulasannya:

Manfaat Melon Untuk Kesehatan
Manfaat Melon Untuk Kesehatan

1. Tingkatkan visi

Melon mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi, keduanya berguna untuk membantu memperkuat retina sehingga buah yang satu ini akan meningkatkan fungsi penglihatan. Tidak hanya itu, melon juga dikenal tinggi kalium yang memiliki efek mengendalikan tekanan darah dan mencegah risiko hipertensi.

2. Menurunkan berat badan

Melon rendah lemak dan kalori tetapi kaya serat, jadi baik dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menjalani proses penurunan berat badan. Kandungan seratnya sangat efektif untuk membuat perut terasa kenyang lebih lama dan juga meminimalkan rasa lapar.

3. Mencegah penyakit jantung

Melon juga diperkaya dengan kalium yang dapat membantu mengurangi masalah terkait jantung seperti stroke dan gagal jantung. Selain itu, buah manis ini juga memiliki sifat antikoagulan dan adenosin yang dapat membantu mencegah pembekuan darah, sekaligus mengencerkannya.

4. Kontrol kadar gula darah

Dilansir oleh Boldsky, mengonsumsi melon secara teratur tampaknya juga sangat baik untuk mencegah diabetes. Ya, dikenal sebagai salah satu jenis buah yang dapat mengontrol kadar gula darah secara efektif, melon adalah obat yang baik untuk penderita diabetes. Melon juga diperkaya dengan vitamin C yang melimpah, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan merangsang produktivitas sel darah putih yang akan membantu melawan infeksi di tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai jenis penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung. Dan, mengonsumsi melon secara teratur dapat mengurangi kadar kolesterol yang mengendap di tubuh. Mengandung kadar air dan serat yang tinggi, melon akan memaksimalkan sistem pencernaan dan juga menghilangkan lemak dan kolesterol dengan tinja dan urin.

6. Meminimalkan risiko kanker

Melon mengandung vitamin C yang berguna untuk menangkal radikal bebas, mencegah kerusakan sel-sel tubuh, mencegah dehidrasi, dan meningkatkan energi. Selain itu, melon juga diperkaya dengan beta karoten yang sangat efektif untuk membantu meminimalkan risiko kanker.

7. Mencegah cacat pada bayi

Melon juga mengandung asam folat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh wanita hamil. Asam folat sendiri merupakan salah satu jenis zat yang dibutuhkan untuk membantu mencegah cacat pada bayi. Tidak hanya itu, buah hijau pucat ini juga mengandung antikoagulan yang sangat efektif untuk mengatasi kram menstruasi.

Leave a Reply