Kaya Akan Antioksidan dan Serat, 7 Manfaat Kesehatan Blueberry

Mirip dengan stroberi, blueberry mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Berbentuk bola-bola kecil dengan rasa asam, buah yang satu ini sering diolah menjadi berbagai makanan ringan lezat dan menyegarkan, mulai dari kue, jus, shorbet, es krim, hingga salad.

Meski demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui khasiat buah mini ini. Bahkan, selain menurunkan berat badan dan menghaluskan kulit, blueberry juga memiliki serangkaian manfaat kesehatan yang tak terduga. Jadi, manfaat kesehatan apa yang dimiliki blueberry? Inilah ulasannya:

Kaya Akan Antioksidan dan Serat, 7 Manfaat Kesehatan Blueberry
Kaya Akan Antioksidan dan Serat, 7 Manfaat Kesehatan Blueberry

1. Menjaga kesehatan tulang

Blueberry mengandung fosfor, zat besi, kalsium, magnesium, seng dan vitamin K. Mineral ini memainkan peran penting dalam membangun dan memperkuat struktur tulang. Tidak hanya itu, kandungan vitamin K yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk mengoptimalkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

2. Menurunkan tekanan darah

Mempertahankan kadar garam dalam tubuh sangat penting untuk menjaga tekanan darah stabil. Sebuah penelitian mengungkapkan, blueberry sangat minim natrium tetapi tinggi kalium, kalsium dan magnesium, sehingga sangat baik untuk mengendalikan tekanan darah dan juga membantu mengurangi tekanan darah, dan juga meminimalkan risiko hipertensi.

3. Mencegah penyakit jantung

Blueberry mengandung serat, kalium, folat, vitamin C, vitamin B6 dan fitonutrien yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Buah biru keunguan ini juga tinggi serat dan antioksidan, yang keduanya sangat efektif untuk membantu mengurangi kadar kolesterol jenuh dalam darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Cegah kanker

Kandungan vitamin C, vitamin A, dan fitonutrien hadir dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat. Ketiganya dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga mencegah penularan penyakit tertentu. Selain itu, antioksidan juga dianggap efektif untuk menghambat pertumbuhan tumor, mengurangi peradangan pada tubuh dan juga mencegah berbagai jenis kanker.

5. Mengikis berat badan

Tidak hanya mencegah kanker, blueberry juga dapat membantu menyehatkan pencernaan. Kandungan serat dalam buah ini efektif untuk membantu mengontrol berat badan, mengurangi nafsu makan, dan menjaga perut kenyang lebih lama, sehingga mengoptimalkan penurunan berat badan.

6. Kontrol diabetes

Sebuah penelitian menunjukkan, seseorang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan tinggi serat cenderung memiliki kadar glukosa rendah. Dan, blueberry kekurangan gula tetapi memiliki kandungan serat yang melimpah. Padahal, satu cangkir kecil blueberry mengandung sekitar 3,6 gram serat sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes.

7. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat kesehatan blueberry yang paling mengesankan adalah meningkatkan kesehatan otak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa makan blueberry secara teratur dapat membantu meningkatkan fungsi memori dan saraf otak. Bahkan, penelitian lain menunjukkan bahwa minum jus blueberry setiap hari selama 12 minggu dapat membantu meningkatkan daya ingat, dan meminimalkan risiko Alzheimer pada lansia.