6 Manfaat Genjer Baik untuk Kesehatan Tubuh

Di antara orang-orang kota, genjer sayur mungkin masih terdengar aneh di telinga mereka. Biasanya tumbuh di tepi sawah, daun genjer biasanya digunakan sebagai aduk dengan campuran oncom dan salep. Meskipun agak pahit, banyak orang menyukai genjer karena rasanya enak dan kenyal ketika dimasak dengan bumbu. Sekarang jarang ditemukan lagi (terutama di daerah perkotaan), Genjer menawarkan rasa khusus yang tak terlupakan untuk setiap penggemar. Berikut ini adalah ulasannya:

1. Mengkonsumsi sayuran genjer dapat meningkatkan nafsu makan Anda

Mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, zat besi, fosfor, lemak, karbohidrat, dan nutrisi lainnya, genjer sebenarnya dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Dapat berupa sayuran segar setelah direbus sebentar, atau digunakan sebagai pengaduk dengan oncom dan leunca. Beuh, ditambah nasi panas, makan dengan aduk paralel adalah kenikmatan penting yang tidak akan pernah dilupakan.

6 Manfaat Genjer Baik untuk Kesehatan Tubuh
6 Manfaat Genjer Baik untuk Kesehatan Tubuh

2. Ini tentu akan memperlancar saluran pencernaan

Sehubungan dengan pencernaan, mengkonsumsi genjer juga dapat mencegah sembelit, meningkatkan metabolisme, dan membuat kadar gula stabil. Semua khasiat ini merupakan kandungan genjer yang memiliki serat cukup tinggi dan dapat memenuhi asupan nutrisi harian bagi tubuh.

3. Regenerasi sel-sel kulit mati agar mereka bisa muda

Kandungan protein dan zat besi dalam genjer memiliki khasiat menggantikan jutaan sel kulit mati dalam tubuh sehingga kulit akan terlihat lebih muda. Selain itu, genjer juga memiliki khasiat untuk membantu proses penyembuhan luka di tubuh. Proses regenerasi sel kulit mati dapat dengan mudah diganti ketika Anda rutin mengonsumsi genjer dengan dosis yang tepat.

4. Bisa juga menjadi penambah stamina, cadangan energi dan energi

Karena mengandung zat protein yang cukup tinggi, mengonsumsi genjer dapat bermanfaat sebagai sumber energi dalam tubuh. Karena sebagai sumber energi, stamina tubuh pasti akan meningkat. Jadi mengonsumsi genjer secara tidak langsung dapat membuat kekuatan Anda meningkat jika ditambah dengan nutrisi lain.

5. Mencegah osteoporosis, menguatkan gigi dan tulang

Tidak hanya memiliki kandungan protein, genjer juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk memperkuat daya tahan gigi dan tulang. Sehubungan dengan kesehatan tulang, gen juga dapat membantu mencegah osteoporosis sejak dini. Anda tidak ingin kesehatan tulang dan gigi berkurang karena kekurangan kalsium dan fosfor dalam tubuh?

6. Keracunan jengkol? Atasi dengan konsumsi genjer sayur ya?

Siapa sangka, mengonsumsi genjer ternyata juga bisa mengobati keracunan jengkol lho. Menetralisir zat yang terkandung dalam jengkol, genjer diyakini sebagai obat alami untuk diracuni jengkol. Bagi mereka yang pernah keracunan jengkol, mengonsumsi genjer bisa menjadi cara yang efektif untuk mengobatinya.