KPK Geledah Tiga Tempat Terkait Kasus Eks Bupati Cirebon

Tim Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar serangkaian penggeledahan di Karawang dan Cirebon, Jawa Barat yang dilakukan sejak Kamis (20/6/2019) sampai Jumat (21/6/2019) hari ini.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyebutkan, dari dua daerah itu tersedia tiga daerah yang menjadi sasaran penggeledahan yang dianggap berkaitan dengan persoalan gratifikasi eks Bupati Cirebon Sunjaya Purwadistra.

Pada saat penggeledahan di karawang dilakukan di 2 kantor pihak swasta dan 1 tempat tinggal saksi. Penggeledahan di Cirebon dilakukan di Kantor DPRD Cirebon, Rumah Dinas Ketua DPRD Cirebon dan satu tempat tinggal pihak swasta.

KPK Geledah Tiga Tempat Terkait Kasus Eks Bupati Cirebon
KPK Geledah Tiga Tempat Terkait Kasus Eks Bupati Cirebon

Febri menyebut dalam penggeledahan tersebut, tim penindakan KPK menyita sejumlah barang bukti.

“Ada disita dokumen berkaitan dengan rencana tata area dan tata lokasi (RTRW) setempat dan dokumen perizinan,” tutup Febri.

Untuk diketahui, KPK telah menetapkan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka penerima gratifikasi sebesar Rp6,4 miliar. Uang berikut disimpan dalam rekening atas nama orang lain yang dikuasai oleh Sunjaya. KPK sedang mengusut asal muasal uang.

Selain Gratifikasi, Sunjaya termasuk merupakan tersangka suap berkaitan mutasi, rotasi, dan promosi jabatan di Pemkab Cirebon.

Dalam mencari barang bukti KPK menemukan bukti yang cukup kuat yaitu uang totalnya Rp. 385.965.000, rincian Rp 116 juta dan Rp 269.965.000 dalam pecahan seratus ribu dan lima puluh ribu rupiah.

Selanjutnya, bukti transaksi perbankan berwujud slip setoran dan transfer senilai Rp 6.425.000.000.